PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUANSAINS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAKISLAM AL-ABRAR KOTA MAKASSAR

ST. ILHAMI GAYATRI (2023) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUANSAINS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAKISLAM AL-ABRAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
FILE SKRIPSI ASLI.docx

Download (3MB)

Abstract

St. Ilhami Gayatri 2016. Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Islam Al-Abrar Tamalate Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Azizah Amal, S.S, M.Pd dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh metode inquiry terhadap kemampuan sains anak. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry terhadap kemampuan sains anak. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen . Sampel penelitian ini berjumlah 18 orang anak. Indikator yang digunakan yaitu mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, menunjukkan aktifitas yang bersifat eksplorasi dan penyelidik, mengenal sebab akibat tentang lingkungannya, dan menunjukkan sikap inisiatif.Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji non parametrik menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata kemampuan sains anak sebelum diberi perlakukan yaitu sebesar sebelas koma empat dan setelah diberikan perlakukan sebesar enam belas koma satu. Sedangkan pada uji non parametrik didapat nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar seratus tujuh puluh satu dan T tabel empat puluh, maka diperoleh hasil T hitung > T tabel yaitu Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap kemampuan sains anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu tiga koma tujuh dan Z tabel satu koma enam empat lima maka diperoleh hasil nilai Z > nilai Z tabel yaitu Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap kemampuan sains anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:06
Last Modified: 26 Jan 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item View Item