PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DIAN HARAPAN KOTA MAKASSAR

ANDI FUTRI JOHAR MANIKAM (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DIAN HARAPAN KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (2MB)

Abstract

Andi Futri Johar Manikam. 2016. Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Gerak dan Lagu di Kelompok B Taman Kanak-kanak Dian Harapan Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd Sebagai Pembimbing 1 dan Azizah Amal, S.S, M.Pd Sebagai Pembimbing 2. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak melalui gerak dan lagu di kelompok B Taman Kanak-kanak Dian Harapan Kota Makassar? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak melalui gerak dan lagu di kelompok B Taman Kanak-kanak Dian Harapan Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu 15 anak dan 1 guru. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kosakata bahasa Inggris anak pada siklus I pertemuan I di kategorikan belum berkembang dengan baik karena kemampuan kosakata bahasa Inggris anak belum meningkat, pada siklus I pertemuan II sudah ada perubahan namun masih belum berkembang sesuai harapan karena kemampuan kosakata bahasa Inggris anak belum mencapai standar yang ingin dicapai. Pada siklus II pertemuan I dikategorikan mulai berkembang dengan baik karena kemampuan kosakata bahasa Inggris anak sudah mengalami peningkatan, siklus II pertemuan II sudah mengalami peningkatan dengan baik sesuai harapan. Selain itu, aktivitas guru dan anak didik juga mengalami peningkatan dikategorikan B. Kesimpulan hasil penelitian yaitu peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak melalui gerak dan lagu di kelompok B Taman Kanak-kanak Dian Harapan kota Makassar dikatakan berhasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:01
Last Modified: 26 Jan 2023 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26804

Actions (login required)

View Item View Item