PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN KOLASE BERBASIS SAINTIFIK KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR

MUHLISAH (2023) PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN KOLASE BERBASIS SAINTIFIK KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (57kB)
[img] Text
ISI.doc

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (3MB)

Abstract

Muhlisah, 2016. Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial melalui Kegiatan Kolase Berbasis Saintifik Kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Dr. H. Abdul Haling, M.Pd sebagai pembimbing 2 program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan Kecerdasan Visual Spasial anak melalui kegiatan kolase berbasis saintifik kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisiyah Maccini Tengah Kota Makassar? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan Kecerdasan Visual Spasial anak melalui kegiatan kolase berbasis saintifik kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 16 anak dan 1 guru. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan visual spasial pada siklus 1 pertemuan I dikategorikan belum berkembang dengan baik karena kecerdasan visual spasial anak belum meningkat, pada siklus 1 pertemuan II sudah ada perubahan namun masih kurang karena kecerdasan visual spasial belum mencapai standar yang ingin dicapai. Pada siklus II pertemuan I dikategorikan mulai berkembang dengan baik karena kecerdasan visual spasial anak sudah mengalami peningkatan, siklus II pertemuan II sudah mengalami peningkatan dengan baik selain itu, guru dan aktifitas anak didik juga mengalami peningkatan dikategoriikan SB (sangat baik). Kesimpulan hasil penelitian yaitu peningkatan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan kolase berbasis saintifik kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisiyah Maccini Tengah Kota Makassar dikatakan berhasil karena melalui kegiatan kolase berbasis saintifik kecerdasan visual spasial anak meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:57
Last Modified: 26 Jan 2023 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26802

Actions (login required)

View Item View Item