PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI METODE BERMAIN GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-ABRAR MAKASSAR

MA’RIFAH MUSA (2023) PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI METODE BERMAIN GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-ABRAR MAKASSAR.

[img] Text
Skripsi.docx

Download (2MB)

Abstract

Ma’rifah Musa, 2016. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak melalui Metode Bermain Gerak dan Lagu pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. H Muhammad Anas, M.Si dan bapak Dr. Muhammad Yusri Bachtiar, M.Pd Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui metode bermain gerak dan lagu pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Makassar Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 24 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Observasi adalah mengamati peningkatan kecerdasan kinestetik anak melalui tindakan, pada saat proses kegiatan pembelajaran setelah ada tindakan, hingga pada saat akhir proses kegitan pembelajaran. Tes digunakan untuk melihat hasil kemampuan anak pada saat proses kegiatan pembelajaran, dan Dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat kegiatan pembelajaran kecerdasan kinestetik anak. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu perbandingan hasil presentase pencapaian setiap anak dengan skor maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus. Melalui hasil perhitungan setiap siklus, pada Siklus I melakukan berbagai gerakan terkontrol, terkoordinasi dan lincah 52,08 %, melakukan gerakan mata, tagan, kaki, kepala terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur 51,04 %, melakukan gerakan yang menunjukkan anak mampu menggunakan tangan dan kaki dalam berbagai aktifitas 42,70 % Sedangkan melakukan berbagai gerakan yang menunjukkan kelincahan anak 51,04 %. Pada Siklus II melakukan berbagai gerakan terkontrol, terkoordinasi dan lincah 82,42 %, melakukan gerakan mata, tagan, kaki, kepala terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur 75,13 %, melakukan gerakan yang menunjukkan anak mampu menggunakan tangan dan kaki dalam berbagai aktifitas 70,83 % Sedangkan melakukan berbagai gerakan yang menunjukkan kelincahan anak 77,21 %. Dengan demikian upaya peningkatan kecerdasan kinesettik anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar makassar tahun ajaran 2016/2017 dikatakan meningkat. Kata kunci : Kecerdasan kinestetik, gerak dan lagu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:36
Last Modified: 26 Jan 2023 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26797

Actions (login required)

View Item View Item