PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP PEMAHAMAN SAINS ANAK DI PAUD TERPADU TERATAI UNM

YULITA NOBHO (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP PEMAHAMAN SAINS ANAK DI PAUD TERPADU TERATAI UNM.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (44kB)
[img] Text
lampiran awal.doc

Download (115kB)
[img] Text
BAB I-bab 5.docx

Download (1MB)

Abstract

Yulita Nobho. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pemahaman Sains Anak di PAUD Terpadu Teratai UNM. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh pemahaman sains anak di PAUD Terpadu Teratai UNM sebelum dan sesudah penggunaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan apakah ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap pemahaman sains anak di PAUD Terpadu Teratai UNM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman sains anak di PAUD Terpadu Teratai UNM sebelum dan sesudah penggunaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap pemahaman sains anak di PAUD Terpadu Teratai UNM. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen sederhana. Sampel penelitian ini berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Nilai pemahaman anak sebelum diberikan perlakuan memiliki rata-rata (μᴀ1) sebesar 15,06 dan setelah diberikan perlakuan mendapatkan rata-rata (μᴀ2) sebesar 18,3. Maka diperoleh hasil nilai μᴀ2 ≥ nilai μᴀ1 maka H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap pemahaman sains anak. Hal ini merujuk pada nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 120 dan T tabel 25 maka diperoleh hasil T hitung ≥ nilai T tabel maka H1 diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap pemahaman sains anak. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai pada pemahaman sains anak sebelum dan sesudah penggunaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:50
Last Modified: 26 Jan 2023 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26788

Actions (login required)

View Item View Item