MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN FINGER PAINTING DI KELOMPOK B TAMAN KANAK – KANAK ISLAM AL – AZHAR 34 MAKASSAR KOTA MAKASSAR

SAENAB. M (2023) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN FINGER PAINTING DI KELOMPOK B TAMAN KANAK – KANAK ISLAM AL – AZHAR 34 MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul & Riwayat Hidup.docx

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
Isi.docx

Download (385kB)
[img] Spreadsheet
Lampiran I.xlsx

Download (26kB)
[img] Spreadsheet
Lampiran II.xlsx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (76kB)

Abstract

SAENAB. M, 2016. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Finger Painting di Kelompok B Taman Kanak – Kanak Islam Al – Azhar 34 Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd., M.Pd dan Dr. Muhammad Yusri Bachtiar, M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Finger Painting di Taman Kanak – Kanak Islam Al –Azhar 34 Makassar? Tujuan untuk mengetahui cara Meningkatkan Kreativitas anak melalui permainan Finger Painting. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat (4) komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran dan sekaligus menjadi subyek penelitian adalah anak didik kelompok B1 Kelas Yahya yang terdiri atas 20 orang anak didik serta 2 orang guru. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan pengamatan pembelajaran melalui permainan finger painting dalam meningkatkan kreativitas pada anak diperoleh data bahwa pada siklus I kinerja guru belum maksimal hal ini disebabkan oleh guru dalam menjelaskan langkah – langkah pada permainan finger painting belum begitu jelas sehingga anak kurang memahami dan hasilnya baru 9 orang anak didik yang dinyatakan berkembang sesuai dengan harapan, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak dari Fluency, Fleksibilitas, Originalitas, dan Elaborasi pada anak belum mencapai target yang diharapkan. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan kreativitas pada anak melalui permainan finger painting berada pada kategori baik sehingga pada akhir siklus diperoleh hasil dari 20 jumlah anak didik kelompok B1 Kelas Yahya ada 18 orang anak didik yang sudah menunjukkan perkembangan yang sangat baik ini disebabkan karena guru dalam menjelaskan langkah – langkah dalam permainan finger painting sudah jelas sehingga anak mudah memahaminya dan sekitar 2 orang anak didik masih belum memenuhi target dalam permainan finger painting, sehingga masih memerlukan bimbingan dari gruru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak memelui permainan finger painting di Taman Kanak – Kanak Islam Al-Azhar 34 Makassar Kota Makassar kelompok B1 Kelas Yahya telah meningkat, hal ini dapat diketahui dari anak didik karena telah mengalami kemahiran, keluwesan, keaslian pikiran, dan kecermatan pada permainan finger painting.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:45
Last Modified: 26 Jan 2023 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26787

Actions (login required)

View Item View Item