MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK DENGAN KEGIATAN MOTORIK HALUS DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DARUL FATTAH KINARUNG KABUPATEN JENEPONTO

RATU BEATRIS (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK DENGAN KEGIATAN MOTORIK HALUS DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DARUL FATTAH KINARUNG KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Sampul dan Pernyataan Keaslian.rtf

Download (531kB)
[img] Text
BAB I-III.rtf

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV-V.rtf

Download (403kB)

Abstract

RATU BEATRIS . 2016. Skripsi. Meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak dengan kegiatan motorik halus (menebalkan, meniru, menjiplak) di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Darul Fattah Kinarung Kabupaten Jeneponto. Dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd., M.Pd dan Suardi, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak dengan kegiatan motorik halus (menebalkan, meniru, Menjiplak) di kelompok B Taman Kanak-Kanak Darul Fattah Kinarung Kabupaten Jeneponto. Adapun tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak dengan kegiatan motorik halus 3 M (menebalkan, meniru, Menjiplak) di kelompok B Taman Kanak-Kanak Darul Fattah Kinarung Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Fokus penelitian adalah kemampuan menulis permulaan dan kegiatan motorik halus dengan kegiatan 3M (meneballkan, meniru, menjiplak huruf). Yang menjadi sasaran penelitian sebanyak 12 anak dan 1 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis anak dengan kegiatan motorik halus dapat meningkat pada indikator dalam menebalkan huruf dari 12 anak didik 4 anak didik kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 7 anak didik kategori berkembang sangat baik (BSB). Pada indikator mampu menirukan huruf 5 anak kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 7 berkembang sangat baik (BSB). Pada indikator menjiplak huruf, dari 12 anak didik 2 anak didik berkembang sesuai harapan (BSH) dan 10 anak didik berkembangn sangat baik (BSB)..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:06
Last Modified: 26 Jan 2023 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26781

Actions (login required)

View Item View Item