MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PAUD RAMA KOTA MAKASSAR

ULWIAH USRAN (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK PAUD RAMA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dan Pernyataan Keaslian.rtf

Download (524kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.rtf

Download (374kB)

Abstract

ULWIAH USRAN. 2016. Skripsi. Meningkatkan kemampuan mengenal konsep sains anak melalui metode eksperimen pada kelompok B penelitian tindakan kelas Taman Kanak-Kanak PAUD RAMA Kota Makassar. Dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd., M.Pd dan Suardi, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan sains anak dengan bahan cair di di Kelompok B Taman Kanak-Kanak PAUD RAMA Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan sains anak dengan bahan cair di di Kelompok B Taman Kanak-Kanak PAUD RAMA Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari awal hingga akhir penelitian. Dengan fokus kemampuan sains anak adalah kemampuan anak dalam mengamati, merencanakan dan melakukan kegiatan percobaan untuk menemukan jawaban secara ilmiah yang sesusai dengan kemampuan berpikir anak. Bahan cair adalah bahan yang digunakan dalam kegiatan eksperimen yaitu air. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa untuk dapat meningkatkan kemampuan konsep mengenal konsep sains anak melalui metode eksperimen maka guru minimal harus melakukan berdasarkan standar yang ditetapkan. Peningkatan keberhasilannya dapat dilihat pada indikator 1) Konsep konservasi volume, 2) Konsep mengalir dan tidak mengalir, 3) Konsep Terapung dan tenggelam, 4) Konsep larut dan tidak larut. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada meningkatnya kemampuan sains melalui kegiatan mengenal konsep sains anak melalui metode eksperimen pada kelompok B penelitian tindakan kelas Taman Kanak-Kanak PAUD RAMA Kota Makassar. Peningkatan tersebut terlihat dari rata-rata kategori penilaian hasil belajar yang diperoleh anak pada siklus I rata kemampuan ada berada pada kategori mulai berkembang (MB) dan siklus II meningkat berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), 15 anak didik berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) anak yang di observasi) anak didik mampu masuk kategori baik. .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:59
Last Modified: 25 Jan 2023 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26769

Actions (login required)

View Item View Item