PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B2 TK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR

NURAENI (2023) PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI KELOMPOK B2 TK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Skripsi.doc

Download (124kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode proyek? Kemampuan kognitif anak sebelum diberikan perlakuan metode proyek dapat dilihat bahwa anak belum mampu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan. Setelah anak diberikan perlakuan metode proyek anak sudah mampu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangakan sesuatu yang ia kerjakan. 2. Apakah ada pengaruh metode proyek tehadap kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Kegiatan metode proyek yang dilakukan adalah Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri, mengurutkan angka 1-20, menyusun pola balok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen sederhana. Ada dua variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dengan desain penelitian One GroupPretest-posttest Design. Definisi operasional variabel. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui perencanaan, pemberian pretest, pemberian perlakuan, pemberian posttest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan perolehan nilai dibandingkan sebelum perlakuan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan perolehan nilai yang dibandingkan sebelum diberikan perlakuan dengan nilai T hitung (136) > T tabel (30) dan Z hitung (3.51) > Z tabel (1,645), dengan demikian bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:52
Last Modified: 25 Jan 2023 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26768

Actions (login required)

View Item View Item