MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BANGKALAKECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENNEPONTO

BUAKANA MULUK (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA BANGKALAKECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENNEPONTO.

[img] Text
Sampul dan Pernyataan Keaslian.rtf

Download (527kB)
[img] Text
BAB I-III.rtf

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV-V.rtf

Download (296kB)

Abstract

BUAKANA MULUK. 2016. Skripsi. Meningkatkan kemampuan Kognitif anak melalui kegiatan bermain balok pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Negri Pembina Bangkala Kecamatan Bangkala Kabupaten Jenneponto.. Dibimbing oleh Rusmayadi, S.Pd., M.Pd dan Suardi, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain balok di Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Bangkala Kecamatan Bangkala Kabupaten Jenneponto. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain balok di Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Bangkala Kecamatan Bangkala Kabupaten Jenneponto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Fokus penelitian ini adalah pengembangan kogniitif anak didik dengan kegiatan bermain balok. Yang menjadi sasaran penelitian adalah 12 anak dan 1 orang guru. Hasil menunjukkan bahwa untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik maka guru minimal melakukan kegiatan yang telah ditetapkan yang berakitan dengan balok sesuai dengan indikator 1) mengelompokkan balok berdasarkan warna, 2) mengklasifikasikan balok berdasarkan besar, sedang dan kecil. Peningkatan tersebut terlihat dari rata-rata kategori penilaian hasil belajar yang diperoleh anak pada siklus I dan siklus II, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan dan sudah tidak ada anak didik yang masuk kategori mulai berkembang (MB).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:18
Last Modified: 25 Jan 2023 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26766

Actions (login required)

View Item View Item