PENERAPAN PEMBELAJARAN KECAPI KITOKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN KECAPI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULERDI SMP NEGERI 1 MARIORIWAWO KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

Mandala Ridwan, Mario (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KECAPI KITOKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN KECAPI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULERDI SMP NEGERI 1 MARIORIWAWO KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
artikel jurnal pdf - Mario Mandala.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan bermain kecapi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan MArioriwawo Kabupaten Soppeng. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran dilaksanakan selama 4 (empat) kali pertemuan diantara pertemuan pertama yaitu materi tentang pengenalan kecapi Kitoka dan teknik penjarian kecapi Kitoka, pertemuan kedua yaitu teknik petikan kecapi Kitoka, pertemuan ketiga yaitu memainkan lagu indologo, dan pertemuan keempat sekaligus terakhir adalah evaluasi dari pertemuan pertama sampai tiga. Strategi pembelajaran yang dilakukan pada setiap pertemuan berbeda beda, tergantung dari karakteristik materi pada pertemuan tersebut. 2) Hasil evaluasi kemampuan peserta didik dalam menerapkan teknik kecapi Kitoka mendapatkan hasil yang berbeda beda dari setiap peserta didik. Evaluasi yang dilaksanakan dari 3 (tiga) pertemuan / materi yang di praktekkan oleh peserta didik mendapatkan hasil sesuai dengan kemampuan latihan dan penguasaan teknik oleh masing masing peserta didik. Rata-rata nilai terendah adalah 76,67 (kategori : cukup) yang diperoleh oleh 3 (tiga) orang yaitu Arika Humairah Herda, Zhaskia Asyurah M, dan Dirma. Kata Kunci: Musik Tradisional, Kecapi, Ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:25
Last Modified: 27 Jan 2023 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26763

Actions (login required)

View Item View Item