MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKPRESIF MELALUI KEGIATAN BERNYAYI DI TAMAN KANAK-KANAK SINTA UTAMA MAKASSAR KELOMPOK B KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

RHISKA SARTIKA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKPRESIF MELALUI KEGIATAN BERNYAYI DI TAMAN KANAK-KANAK SINTA UTAMA MAKASSAR KELOMPOK B KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dan Pernyataan Keaslian.rtf

Download (523kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.rtf

Download (317kB)

Abstract

RISKA SARTIKA. 2016. Skripsi. Meningkatkan kemampuan bahasa ekpresif melalui kegiatan bernyayi di Taman Kanak-Kanak Sinta Utama Makassar Kelompok B Kecamatan Manggala Kota Makassar dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui kegiatan bernyayi di B di Taman Kanak-Kanak Sinta Utama Makassar Kelompok B Kecamatan Manggala Kota Makassar.Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui kegiatan bernyayi di B di Taman Kanak-Kanak Sinta Utama Makassar Kelompok B Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari awal hingga akhir penelitian. Yang menjadi sasaran penelitian adalah 10 anak dan 1 orang guru data diperoleh observasi, data dianalisis deskriftif untuk menyajikan data yang ada. Berdasarkan dari hasil observasi dalam penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bernyayi dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang telah ditetapkan dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Peningkatan ini terlihat pada indikator 1) mampu membedakan bunyi huruf, kata dan kalimat, 2) mampu mengungkapkan kembali kata dan kalimat yang didengarkan. Hasil observasi anak didik pada pertemuan kedua siklus II dengan indikator, mampu membedakan bunyi huruf, kata dan kalimat. Dari 10 anak 2 orang memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 8 orang berkembang sangat baik (BSB). Pada indikator kemampuan anak mengungkapkan kata dan kalimat yang didengarkan, dari 10 anak didik 2 orang kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 8 orang kategori berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:54
Last Modified: 25 Jan 2023 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26761

Actions (login required)

View Item View Item