PENGEMBANGAN METODE EKSPERIMEN MELALUI BAHAN CAIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS DI TK AISYIYAH RANTING BUTUNG KOTA MAKASSAR

NURASIAH (2023) PENGEMBANGAN METODE EKSPERIMEN MELALUI BAHAN CAIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS DI TK AISYIYAH RANTING BUTUNG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PROPOSAL ,,,.docx

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAK1.docx

Download (14kB)
[img] Text
lanjutan lampiran skripsi.docx

Download (2MB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (141kB)

Abstract

NURASIAH 2016. Pengembangan Metode Eksperimen Melalui Bahan Cair Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak di TK Aisyiyah Ranting Butung Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi S.Pd , M.Pd dan Dr.Muh. Yusri Bachtiar M.Pd.Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Mengembangkan Metode Eksperimen bahan cair dalam meningkatkan kemampuan sains anak di TK Aisyiyah Ranting Butung Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui pengembangan metode eksperimen pada anak TK Aisyiyah Ranting Butung Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Recearch ). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kelompok B1 TK Aisyiyah Ranting Butung Kota Makassar yang berjumlah 13 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan dua siklus, yaitu siklus I dengan 3 kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mendapatkan data tentang aktivitas guru dan tentang kemampuan sains anak, dokumentasi untuk mendukung jalannya penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I kemampuan sains anak dalam kegiatan konservasi vulume hanya mencapai 61%, anak memahami konsep tenggelam dan terapung hanya mencapai 53%, dan anak memahami konsep larut dan tidak larut hanya mencapai 30%, selanjutnya pada siklus II , Indikator kemampuan sains anak semakin meningkat kemampuan sains anak dalam kegiatan konservasi volume , mencapai 75%, anak memahami konsep tenggelam dan terapung mencapai 75% dan anak yang memahami konsep larut dan tidak larut juga mencapai 75% Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan sains anak meningkat setelah dilakukan pengembanagn metode eksperimen melalui bahan cair pada anak TK Aisyiyah Ranting Butung Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:40
Last Modified: 25 Jan 2023 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26751

Actions (login required)

View Item View Item