PEMBELAJARAN TEKNIK PERNAPASAN DIAFRAGMA MENGGUNAKAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK BERNYANYI SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI UTARA

FAHMA HENDRAWAN, ANDI (2022) PEMBELAJARAN TEKNIK PERNAPASAN DIAFRAGMA MENGGUNAKAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK BERNYANYI SISWA DI SMA NEGERI 1 SINJAI UTARA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL ANDI FAHMA HENDRAWAN 1882042013 - Andi Fahma Hendrawan.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa terkhusus pada teknik pernapasan diafragma menggunakan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler kelompok bernyanyi siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Utara. Permasalahan penelitian ini adalah peserta kelompok bernyanyi siswa belum menerapkan teknik pernapasan diafragma ketika bernyanyi. Hal ini dapat dilihat pada bahu peserta didik yang terangkat ke atas saat bernapas dalam bernyanyi. Selain itu, data pra siklus pada aspek phrasering dan teknik pernapasan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 1,38 semakin menunjukkan adanya permasalahan yang berkaitan dengan teknik pernapasan. Sehingga metode drill menjadi upaya dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Action Research (Kualitatif dan Kuantitatif) yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus I tindakan dilakukan dalam 4 pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan dalam 3 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi peserta kelompok bernyanyi siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Utara sebanyak 15 siswa yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat ukur penelitian ini dalam pembelajaran teknik pernapasan diafragma untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa yaitu dengan menggunakan lembar evaluasi prestasi belajar. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mengolah skor aspek-aspek penilaian yang terdapat dalam penilaian tes praktik teknik pernapasan diafragma. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai dan proses pembelajaran teknik pernapasan diafragma dengan menggunakan metode drill dalam kelompok bernyanyi di SMA Negeri 1 Sinjai Utara. Hasil pada pra siklus menujukkan nilai rata-rata evaluasi prestasi belajar sebesar 1,38, siklus I sebesar 2,45 dan siklus II sebesar 3,6. Pada akhir penelitian dengan nilai rata-rata kelas 3,6 (Baik) dan siswa telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Pembelajaran teknik pernapasan diafragma menggunakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa dan meningkatkan prestasi belajar kelompok bernyanyi di SMA Negeri 1 Sinjai Utara. Secara umum pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kata kunci: teknik pernapasan diafragma, kelompok bernyanyi, metode drill.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:04
Last Modified: 27 Jan 2023 04:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26743

Actions (login required)

View Item View Item