PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTEK TARI PAJAGA MAKKUNRAI DI KELAS X SMA NEGERI 7 BULUKUMBA

Mutmainnah, Mutmainnah (2022) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTEK TARI PAJAGA MAKKUNRAI DI KELAS X SMA NEGERI 7 BULUKUMBA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
1jurnal mutmainnah(1882041038) - Mutmainnah Iin.pdf

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi dan terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Bulukumba, dengan jumlah 27 siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran praktek tari di kelas X SMA Negeri 7 Bulukumba. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran praktek tari setelah penerapan metode demonstrasi di kelas X SMA Negeri 7 BulukumbaPengumpulan data dalam penelitian melalui observasi, wawancara, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 7 Bulukumba dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan disetiap siklusnya dalam waktu kurang lebih 45 menit dalam setiap pembelajaran. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek wiraga, wirama, dan wirasa meningkat dari siklus I ke siklus II, yang ditunjukkan melalui peningkatan aspek wiraga sebesar 4.63%, aspek wirama sebesar 16.67%, dan pada aspek wirasa sebesar 25.93%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai lulus sebanyak 7 orang atau sebesar 25. 93% dan yang belum lulus sebanyak 20 orang atau sebesar 74.07%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu jumlah siswa yang lulus mencapai 18 orang atau sebesar 66.67% dan yang tidak lulus sebanyak 9 orang atau sebesar 33.33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran praktek tari Pajaga Makkunrai. Kata kunci : Hasil belajar, Metode Demonstrasi, Praktek Tari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:03
Last Modified: 27 Jan 2023 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26742

Actions (login required)

View Item View Item