PEMBELAJARAN SENI LIPAT KERTAS PADA KELAS 2 DI SD NEGERI KALUKKU KABUPATEN MAMUJU

Asyrah, Asyrah (2022) PEMBELAJARAN SENI LIPAT KERTAS PADA KELAS 2 DI SD NEGERI KALUKKU KABUPATEN MAMUJU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL SENI LIPAT KERTAS ASYRAH - Asyrah.pdf

Download (741kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana proses pembelajaran seni lipat kertas bagi peserta didik di kelas 2 SD Negeri Kalukku Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian survei kualitatif tentang perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Data merupakan informasi yang harus ada dalam penelitian yang diperolah dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), data dari proses pembelajaran, dan data dari kegiatan penilaian. Sumber data pada penelitian ini yaitu RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), guru, peserta didik, dan kegiatan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis survei kulitatif dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan pembelajaran yaitu Silabus dan RPP yang di buat oleh guru telah sesuai dengan format penyusunan RPP yang standar. (2) Pelaksanaan Pembelajaran di SD Negeri Kalukku Kabupaten Mamuju dilakukan guru dengan mengikuti perencanaan pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya. (3) Penilaiain pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu penilaian terhadap materi teori dan praktik kurang tepat digunakan untuk penilaian terhadap pembelajaran seni. Kata Kunci: Pembelajaran, Guru dan peserta didik, seni lipat kertas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:03
Last Modified: 27 Jan 2023 04:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26740

Actions (login required)

View Item View Item