PENERAPAN MEDIA TIK TOK DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MUSIK TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SALOMEKKO BONE

AL FIQRAH TASLIM, MUHAMMAD (2022) PENERAPAN MEDIA TIK TOK DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MUSIK TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SALOMEKKO BONE. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL PENELITIAN - Muhammad al fiqrah taslim.pdf

Download (178kB)

Abstract

MUHAMMAD AL FIQRAH TASLIM, 2022. Penerapan Media Tik Tok Dalam Pembelajaran Praktek Musik Tradisional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tradisional Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Salomekko. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik. Jurusan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Dan Desain. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Arifin Manggau, S. Pd dan Selfiana Saenal, S. Pd., M. Sn). Peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan menjawab masalah, 1) Penerapan Media Tik Tok Dalam Pembelajaran Praktek Musik Tradisional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tradisional Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Salomekko, Tik Tok dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif. Pengapliasiannya yang mudah dan fitur yang beragam, maka Tik Tok bisa diimplementasikan dalam kegiataan pembelajaran. Media pembelajaran yang interaktif dapat mewakili apa yang belum bisa disampaikan guru dan proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi Tik Tok, guru dapat dengan mudah menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menarik perhatian peserta didik, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi dari peserta didik. 2) Hasil penerapan media Tik Tok pada pembelajaran musik tradisional yaitu, gendang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII B SMP Negeri 1 Salomekko yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 15 orang putri dan 14 orang putra. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar tes unjuk kerja, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penerapan metode pembelajaran media Tik Tok. Pada siklus I observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 73 dengan katogeri cukup baik, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 92 dengan kategori sangat baik. Pada siklus I tes unjuk kerja penilaian kelompok secara keseluruhan memperoleh nilai 61, dan tes unjuk kerja praktek penilaian individu memperoleh indeks presentase 44,82%. Kemudian meningkat pada siklus II tes unjuk kerja penilaian kelompok mendapatkan nilai 82, dan tes unjuk kerja praktek penilaian individu memperoleh indeks presentase 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:12
Last Modified: 26 Jan 2023 08:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26739

Actions (login required)

View Item View Item