PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUIMETODE BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK BTK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BAHAGIA KECAMATAN WAJO

ALFIAH ALI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUIMETODE BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK BTK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BAHAGIA KECAMATAN WAJO.

[img] Text
ALFIAH ALI (1449046016).docx

Download (1MB)
[img] Text
RPPH (ALFIAH ALI).docx

Download (37kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP ALFIAH ALI.docx

Download (34kB)

Abstract

ALFIAH ALI. 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Bermain Balok Angka Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd, M.Pd dan Hajerah, S. Pd, M. Pd. Pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung melalui metode bermain balok angka pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia, dengan rincian 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 siklus I kategori kurang, dan pertemuan II siklus I kategori kurang, dan pertemuan I siklus II kategori cukup dan pertemuan II siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada pertemuan I siklus I pada kategori mulai pertemuan II berada pada kategori berkembang sesuai harapan. Peretemuan I siklus II berada pada kategori berkembang sesuai harapan dan pertemuan II siklus II meningkat menjadi kategori berkembang sangat baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya kemampuan berhitung dari siklus I sampai II. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan berhitung melalui metode bermain balok angka pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:47
Last Modified: 24 Jan 2023 03:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26735

Actions (login required)

View Item View Item