HERMAWATI (2023) PENGGUNAAN KARTU DOMINO DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK B TAMAN KANAK- KANAK ISLAM SUDIANG ASRI KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (867kB) |
|
Text
ISI SKRIPSI.docx Download (273kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (21MB) |
Abstract
Hermawati Penggunaan Kartu Domino dalam Mengembangkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Sudiang Asri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pengembangan pembelajaran dibimbing oleh Herman, S.Pd., M.Pd. dan Azizah Amal, SS., MPd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah "Bagaimanakah Penggunaan Kartu Domino dalam Mengembangkan Kemampuan Anak dalam mengenal konsep bilangan di kelompok B taman kanak-kanak islam sudiang asri kecamatan biringkanaya kota Makassar?”.tujuan pengembangan pembelajaran ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan di kelompok B taman kanak-kanak islam sudiang asri kecamatan biringkanaya kota Makassar. Subjek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah guru dan anak kelompok B sebanyak 11 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah pengembangan penggunaan kartu domino menunjukkan peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Anak dapat menulis lambang bilangan 1-10 dengan urut, menunjuk lambang bilangan 1-10 dengan bilangannya. Sebagai kesimpulan, pengembangan pembelajaran melalui penggunaan kartu domino dapat meningkatkan kemampuan anak dalam pengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Sudiang Asri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Karena itu, penggunaan kartu domino direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan di Taman Kanak-kanak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:42 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26734 |
Actions (login required)
View Item |