Mutiatunnisa, Dina and Mantasiah R., Mantasiah R. and Ulum, Fatkhul (2022) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PALU. Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature, 2 (1). pp. 52-61. ISSN 2797-1287
Text (Peer reviewer)
Peer Review Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Berbahasa Arab.pdf Download (1MB) |
|
Text (Artikel)
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN.pdf Download (193kB) |
Abstract
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses penggunaan, serta hasil pembelajaran yang didapatkan khususnya pada peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana siswa melalui penggunaan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Palu dengan jumlah siswa 17 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan, yakni 2 kali pertemuan penerapan media dan 1 kali pertemuan evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diperoleh di siklus I yaitu 66,23 dan siklus II yaitu 84,82. Dengan demikian, ada peningkatan hasil belajar sebesar 18,59%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X SMK Muhammadiyah
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Dialog Sederhana, Media Gambar |
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 01:07 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 01:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26727 |
Actions (login required)
View Item |