Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kabupaten Pinrang

Hikmah, Nur and Ulum, Fatkhul and Mantasiah R., Mantasiah R. (2021) Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kabupaten Pinrang. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 1 (1). pp. 187-195. ISSN 2747-268X

[img] Text (Peer reviewer)
Peer Review Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Artikel)
Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan.pdf

Download (525kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/27135

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan jumlah siswa 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 62,72% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh yaitu 82,4%. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Arab siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan media gambar seri dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media gambar seri, penguasaan kosakata
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:06
Last Modified: 25 Jan 2023 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26723

Actions (login required)

View Item View Item