PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI METODE BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH RANTING MALLIMONGA TUA

MUSMULIYANTI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI METODE BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH RANTING MALLIMONGA TUA.

[img] Text
MUSMULIYANTI (1449046013).docx

Download (989kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP MUSMULIYANTI.docx

Download (168kB)

Abstract

MUSMULIYANTI. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Metode Bermain Kartu Kata Pada Anak kelompok B TK Aisyiyah Mallimongan Tua. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd, M.Pd dan Hajerah, S. Pd, M. Pd. Pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain kartu kata pada anak kelompok B TK Aisyiyah Mallimongan Tua. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui metode pada anak kelompok B TK Aisyiyah Mallimongan Tua. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok B TK Aisyiyah Mallimongan Tua, dengan rincian 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 siklus I masih menunjukkan kategori kurang, pertemuan II siklus I kategori cukup, dan pertemuan III sampai V meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada pertemuan I siklus I pada kategori mulai berkembang, pertemuan II siklus I berada pada kategori berkembang sesuai harapan, pertemuan I siklus II pada kategori berkembang sangat baik dan pertemuan II siklus II meningkat menjadi kategori berkembang sangat baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya kemampuan mengenal huruf dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain kartu kata pada anak kelompok B TK Aisyiyah Mallimongan Tua dapat meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:04
Last Modified: 20 Jan 2023 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26698

Actions (login required)

View Item View Item