ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR PROSES DAN EVALUASI DI SMA NEGERI 11 PINRANG (BOARDING SCHOOL) PADA MASA PANDEMI

Nurjannah (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR PROSES DAN EVALUASI DI SMA NEGERI 11 PINRANG (BOARDING SCHOOL) PADA MASA PANDEMI.

[img] Text
Nurjannah - Artikel.pdf

Download (776kB)

Abstract

Fokus dalam Penelitian ini yakni Bagaimana gambaran implementasi kurikulum berdasarkan standar proses dan evaluasi yang diterapkan SMA Negeri 11 Pinrang (Boarding School) pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi kurikulum berdasarkan standar proses selama masa pandemi di SMA Negeri 11 Pinrang (Boarding School). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif sederhana model miles and huberman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Pinrang (Boarding School) pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemi proses pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka kemudian dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh. Perangkat pembelajaran disusun guru menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemi. Proses pembelajaran jarak jauh tidak bisa lepas dengan kehadiran Teknologi informasi dan komunikasi. Program tambahan pada sekolah boarding school tetap dilaksanakan secara daring seperti kegiatan Magrib Isya serta pembinaan karakter. Kendala jaringan menjadi hambatan pelaksanaan proses pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci: Kurikulum, Pandemi, Boarding School, Standar proses

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:58
Last Modified: 19 Jan 2023 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26666

Actions (login required)

View Item View Item