Nurjannah (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR PROSES DAN EVALUASI DI SMA NEGERI 11 PINRANG (BOARDING SCHOOL) PADA MASA PANDEMI.
Text
Nurjannah - Artikel.pdf Download (776kB) |
Abstract
Fokus dalam Penelitian ini yakni Bagaimana gambaran implementasi kurikulum berdasarkan standar proses dan evaluasi yang diterapkan SMA Negeri 11 Pinrang (Boarding School) pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi kurikulum berdasarkan standar proses selama masa pandemi di SMA Negeri 11 Pinrang (Boarding School). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif sederhana model miles and huberman. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Pinrang (Boarding School) pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemi proses pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka kemudian dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh. Perangkat pembelajaran disusun guru menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemi. Proses pembelajaran jarak jauh tidak bisa lepas dengan kehadiran Teknologi informasi dan komunikasi. Program tambahan pada sekolah boarding school tetap dilaksanakan secara daring seperti kegiatan Magrib Isya serta pembinaan karakter. Kendala jaringan menjadi hambatan pelaksanaan proses pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci: Kurikulum, Pandemi, Boarding School, Standar proses
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 05:58 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 05:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26666 |
Actions (login required)
View Item |