KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI DI UPT SMP NEGERI 2 BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO

HARIFUDDIN (2023) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI DI UPT SMP NEGERI 2 BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Jurnal Harifuddin Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Administrasi di UPT SMP ~1.docx

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam peningkatan mutu pelayanan administrasi di UPT SMP Negeri 2 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, kepala sekolah, guru, pegawai serta ketua osis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milis dan Huberman (1986) mengemukakan bahwa atktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesimpulan sebagai berikut yaitu karismatik yang dimiliki kepala sekolah UPT SMP Negeri 2 Bontoramba Kabupaten Jeneponto memang membawa pengaruh besar terhadap sekolah sesuai dengan fakta yang sebenarnya kedisplinan kehadiran datang ke sekolah yang selalu mendahului guru-guru maupun siswanya itu sendiri dan selalu memberikan pujian secara langsung terhadap guru dan pegawai yang melaksanakan tanggungjawab yang diberikan disekolah. Kata Kunci: Kepemimpinan transformasional, mutu pelayanan administrasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2023 05:53
Last Modified: 19 Jan 2023 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26664

Actions (login required)

View Item View Item