PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ATFHAL BUMI SUDIANG PERMAI MAKASSAR

DARMAWATI (2023) PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BUSTANUL ATFHAL BUMI SUDIANG PERMAI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (5MB)

Abstract

Darmawati 2016, “Penggunaan media kartu angka bergambar untuk pengembangan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bumi Sudiang Permai Makassar “dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Ibu Hajerah, S.PdI. M.Pd ). Hasil Pengembangan Pembelajaran Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pengembangan pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media kartu angka bergambar pada Taman Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bumi Sudiang Permai Makassar.Populasi dalam pengembangan pembelajaran adalah seluruh murid Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bumi Sudiang Permai Makassar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 anak, yang terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas A, B1, B2, dan sampel yang dipilih untuk Pengembangan Pembelajaran menggunakan tehnik purvosive sampling ( sampel yang dipilih berdasarkan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu dan tujuan yang akan dicapai dalam pengembangan pembelajaran ini). Sehingga yang dipilih menjadi sampel dalam pengembangan pembelajaran ini adalah murid kelas B pada Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Sudiang Makassar yang berjumlah 10 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tehnik deskriktif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil dan Pembahasan yang telah diuraikan, maka dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa dengan penggunaan media kartu angka bergambar untuk pengembangan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bumi Sudiang Permai Makassar dapat berhasil dengan baik. Hal ini dikuatkan dengan data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak yaitu dari pertemuan I ke pertemuan V yaitu dari 20 % meningkat menjadi 80 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan berhitung anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bumi Sudiang Permai Makassar dapat meningkat sebanyak 80% anak berada pada kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:04
Last Modified: 19 Jan 2023 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26653

Actions (login required)

View Item View Item