PENGEMBANGAN METODE BERMAIN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA PADA KELOMPOK B DI RAODATUL ATHFAL (RA) FARIDA ARYANI MAKASSAR

SYARIFAH H JAMIL (2023) PENGEMBANGAN METODE BERMAIN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA PADA KELOMPOK B DI RAODATUL ATHFAL (RA) FARIDA ARYANI MAKASSAR.

[img] Text
ISI.docx

Download (765kB)

Abstract

SYARIFAH H JAMIL.2016. pengembangan Metode Bermain Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Kelompok B Di Raodatul Athfal (RA) Farida Aryani Makassar. Laporan Pengembangan Pembelajaran. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I,M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah bagaimana mengembangkan kegiatan bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca kata anak Kelompok B di RA Farida Aryani Makassar. Tujuan pengembangan pembelajaran untuk memperoleh gambaran dalam pengembangan metode bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca kata pada kelompok B di RA Farida Aryani. Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penyelesaian adalah Skripsi Pengembangan Pembelajaran. Fokus pengembangan ini adalah pengembangan metode bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca kata. Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam pengembangan ini adalah kelompok B Raodatul Athfal (RA) Farida Aryani Makassar yaitu 1 orang guru dan anak didik yang berjumlah 10 orang, yang terdiri atas 5 anak laki – laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil pengembangan pembelajaran menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain puzzle maka dapat meningkatkan kemampuan membaca pada kelompok B di Raodatul Athfal (RA) Farida Aryani Makassar. Hal ini dapat dilihat pada pertemuan I terdapat 4 anak didik atau 40% yang mampu menyebutkan huruf abjad tanpa bantuan guru. Pertemuan II terdapat 4 anak didik atau 40% yang mampu menyebutkan huruf abjad. Pertemuan III terdapat 6 anak atau 60% yang mampu menyebutkan huruf awal dari nama benda / gambar yang ada. Pertemuan IV terdapat 7 anak atau 70% yang mampu menyebutkan suku kata awal dan akhir. Pertemuaan V terdapat 8 anak atau 80% yang mampu menghubungkan kata sesuai dengan gambar yang ada.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:26
Last Modified: 18 Jan 2023 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26616

Actions (login required)

View Item View Item