Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Bugis berdasarkan Media Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 4 Lilirilau abupaten Soppeng

ZULKAMIA, NUR ASTRIDA (2016) Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Bugis berdasarkan Media Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 4 Lilirilau abupaten Soppeng. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
NUR ASTRIDA ZULKAMIA.docx

Download (13kB)

ABSTRAK NUR ASTRIDA ZULKAMIA, 2016 “g”. Skripsi. Program Studi Bahasa Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Syamsudduha dan Andi Fatimah Yunus). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Bugis berdasarkan Media Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 4 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Lilirilau Kabupaten Soppeng tahun ajaran 2015 – 2016 yang berjumlah 3 kelas.’ Jumlah populasi yang di teliti sebanyak 47 siswa, dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 47 siswa dari keseluruhan siswa. Penarikan sampel secara keseluruhan (total sampling). Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi bahasa Bugis berdasarkan media lingkungan siswa kelas VII SMPN 4 Lilirilau Kabupaten Soppeng dikategorikan belum mampu. Karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 sampai 100 tidak mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 85%. Dari 47 jumlah sampel, hanya 7 siswa (15%) yang mencapai nilai KKM yaitu 75 sampai 100 dan 40 siswa ( 85%) yang memperoleh nilai di bawah 0 sampai 74.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:43
Last Modified: 04 Jul 2017 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item