MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS KOTA MAKASSAR

KAMARIA MAJID (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AL-IKHLAS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.Sampul.doc

Download (2MB)
[img] Text
ISI SKRIPSI DAN LAMPIRAN.doc

Download (30MB)

Abstract

Kamaria Majid, 2015. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercakap-Cakap Di Kelompok B1 Di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd dan Azizah Amal, S.S M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan bercakap-cakap dalam peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran metode bercakap-cakap meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak Di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercakap-cakap di kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B1 serta 1 orang guru kelompok B5. Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Minasa Upa Blok M5/16A Kelurahan Gunung Sari Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Desain penelitian yang digunakan terdiri dari 5 tahap yaitu prosedur pengembangan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi dan refleksi.Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa ekspresif anak kemampuan bahasa ekspresif anak berada pada kategori kurang, sehingga dilanjutkan ke tahap selanjutnya dengan memperbaiki kekurangan pada tahap sebelumnya yaitu guru tidak memberi kesempatan kepada anak untuk menjawab pertanyaan. Hasil dari tahap selanjutya menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak sudah tercapai dengan baik dan masuk dalam kategori mampu, hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah bercakap-cakap yang diterapkan oleh guru dan anak sudah mampu menjawab pertanyaan tentang informasi, dan anak mampu mengungkapkan pendapat secara sederhana, maka penelitian dihentikan pada pertemuan lima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-kanak Al-Ikhlas Kota Makassar mengalami peningkatan dengan baik melalui kegiatan bercakap-cakap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:01
Last Modified: 18 Jan 2023 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26608

Actions (login required)

View Item View Item