PENGEMBANGAN KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI RANTING TARAWEANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

RAKHMA (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI RANTING TARAWEANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (75kB)
[img] Text
SKRIPSI RAKHMA.docx

Download (75kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI ANAK.docx

Download (52kB)
[img] Text
kisikisi instrumen.docx

Download (32kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (17kB)

Abstract

RAKHMA 2016. Pengembangan Kegiatan Menganyam Dengan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Ranting Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Dibimbing oleh Dra.Hj.Sumartini, M.Pd dan Hajerah, S.Pdi, M.Pd, pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mengembangkan kegiatan menganyam dengan media bahan alam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Pertiwi Ranting Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menelaah kemampuan motorik halus anak mealui kegiatan menganyam. Tujaun penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kegiatan menyanyam dengan media bahan alam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B di TK Pertiwi Ranting Taraweang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Jenis pengembangan yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan anak didik TK Pertiwi Ranting Taraweang yang berjumlah 15 orang, dengan rincian 9 laki-laki dan 6 perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan semua hal yang diperoleh selama kegiatan berlangsung. Dari hasil pelaksanaan diperoleh data kemampuan moritik halus anak mengalami peningkatan disetiap pertemuannya melalui kegiatan menganyam sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan menganyam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Ranting Taraweang Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:47
Last Modified: 18 Jan 2023 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26605

Actions (login required)

View Item View Item