PENGEMBANGAN METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DAYA KECAMATAN BIRING KANAYA MAKASSAR.

NURWATI (2023) PENGEMBANGAN METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DAYA KECAMATAN BIRING KANAYA MAKASSAR.

[img] Text
CD SKRIPSI NURWATI 2016.docx

Download (19MB)

Abstract

NURWATI, 2016. Pengembangan Metode Multisensori Untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Daya Kecamatan Biringkanaya, Pengembangan Pembelajaran di bimbing oleh Ibu Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Ibu Hajerah, S.Pd..I, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah pengembangan metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Daya Kecamatan Biringkanaya Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pengembangan metode multisensori di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Daya. Pendekatan yang dilakukan berupa pengembangaan metode mulitisensori untuk meningkatkan kemapuan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan pembelajaran, sedangkan subjek penelitian yaitu 10 anak kelompok B terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, kemudian hasilnya diolah secara kualitatif. Pelaksanaan penelitian sebanyak lima kali pertemuan. Hasil penelitian dari hari pertama sampai kelima menunjukkan bahwa pengembangan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Daya Kecamatan Biringkanaya Makassar, karena setelah diterapkan metode multisensori anak-anak lebih antusias dalam proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan lebih optimal. Sehingga dalam pengembangan kemampuan membaca permulaan anak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan yang dikenal dilingkungan sekitar, menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya, dan menyebutkan nama benda yang suara huruf awalnya sama dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:08
Last Modified: 17 Jan 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26598

Actions (login required)

View Item View Item