PENERAPAN METODE DRILL UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL MARKAZ AL ISLAMI

SITTI HASMI (2023) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL MARKAZ AL ISLAMI.

[img] Text
1. Sampul & PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (93kB)
[img] Text
2. BAB I-3 Bu Hasmi perubahan.docx

Download (96kB)
[img] Text
3. KISI-KISI DAN OBSERVASI GURU.doc

Download (85kB)
[img] Text
4. Observasi Anak.docx

Download (30kB)
[img] Text
5. INSTRUMEN.docx

Download (42kB)
[img] Text
8. Dokumentasi foto-foto.docx

Download (3MB)
[img] Text
10. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

Sitti Hasmi. 2016. Penerapan Metode Drill untuk pengembangan kemampuan menulis permulaan pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Al Markaz Al Islami Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. selaku pembimbing pertama dan Ibu Hajerah, S.Pd.I,M.Pd selaku pembimbing kedua. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Al Markaz Al Islami Makassar dapat meningkat melalui Metode Driil ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Al Markaz Al Islami Makassar.Pendekatan dan Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Fokus penelitian ini adalah penerapan metode driil untuk pengembangan kemampuan menulis permulaan .Subjek penelitian yaitu anak kelompok B dengan jumlah anak didik sebanyak 22 orang,terdiri dari 15 laki-laki dan 7 perempuan serta 2 orang guru.Pelaksanaan tindakan kelas terdiri dari dua siklus,tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil pada siklus I penerapan metode driil pada pengembangan kemampuan menulis permulaan anak didik masih berada pada kategori masih kurang, dan siklus II penerapan metode driil untuk pengembangan kemampuan menulis permulaan anak didik menunjukkan peningkatan dengan kategori baik.Dengan demikian penerapan metode drill efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di TK Islam Al Markaz Al Islami Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:54
Last Modified: 17 Jan 2023 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26596

Actions (login required)

View Item View Item