PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK KANAK PAUD AQIRA MAKASSAR

MULIAWAN (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK KANAK PAUD AQIRA MAKASSAR.

[img] Text
A. SAMPUL - PERNYATAAN KEASLIAN.docx

Download (33kB)
[img] Text
B. BAB I - BAB V.docx

Download (105kB)
[img] Text
C. RKH & SKENARIO.docx

Download (38kB)
[img] Text
F.FOTO KEGIATAN ANAK.docx

Download (2MB)

Abstract

MULIAWAN. 2016. Pengembangan Kegiatan Bermain Kartu Angka Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Di Taman Kanak-Kanak Paud Aqira Makassar. Laporan Pengembangan Pembelajaran. Dibimbing Oleh Dra.Hj. Sumartni, M.Pd Dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Pada Program Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah bagaimanakah mengembangkan kegiatan bermain kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok B Taman kanak-kanak paud aqira kota makassar ? tujuan pengambangan pembelajaran untuk mengetahui peningkatan perkembangan kegiatan bermain kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Paud Aqira. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penyelesaian adalah Laporan Pengembangan Pembelajaran. Fokus pengembangan ini adalah kemampuan berhitung anak dengan kegiatan bermain kartu angka bergambar. Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah Kelompok B Taman Kanak-Kanak Paud Aqira kota makassar yaitu 1 orang guru dan anak yang berjumlah 10 orang, yang terdiri atas 4 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan bermain kartu angka bergambar maka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Paud Aqira kota makassar. Hal ini dapat dilihat pada pertemuan I indikator membilang/ menyebut urutan bilangan 1-20, dengan aspek pengembangan menyebut urutan bilangan 1-20. Pertemuan II indikator mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, dengan aspek pengembangan bermain mencari pasangan angka dengan jumlah bendanya. Pertemuan III indikator menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda, aspek pengembangan menempel gambar sesuai dengan jumlah angka pada kartu angka.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:57
Last Modified: 17 Jan 2023 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26592

Actions (login required)

View Item View Item