Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng

Yuliana, Yuliana (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Yuliana.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK , 2016. “”. Skripsi. ). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi bahasa Bugis dengan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng, pada tahap proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan (Action Researh), khususnya penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan pemaparan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Untuk data proses dianalisis secara kualitatif, sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan pendekatan kuantitatif. Tahap proses pembelajaran telah mengalami peningkatan, guru telah melakukan tahap-tahap pembelajaran model Mind Mapping secara maksimal sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Pada tahap penilaian hasil pembelajaran siswa dalam menulis narasi bahasa Bugis dengan model pembelajaran Mind Mapping menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa baru mencapai kategori cukup (67.07). Namun pada siklus II, hasil tes siswa sudah mencapai kategori baik (85.15). Peningkatan hasil belajar siklus II dari siklus I sebesar 18.67. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru kelas VII.1 SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng agar mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan keterampilannya dalam menulis narasi bahasa Bugis dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi siswa. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Daerah. Kata kunci: menulis, narasi, dan model pembelajaran Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:22
Last Modified: 04 Jul 2017 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item