PENGEMBANGAN KARTU ANGKA DALAM MENGENALKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KALEGOWA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

SYAMSINAR (2023) PENGEMBANGAN KARTU ANGKA DALAM MENGENALKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KALEGOWA KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Skripsi Syamsinar.doc

Download (8MB)

Abstract

Syamsinar, 2015. Pengembangan Kartu Angka dalam Mengenalkan Konsep Bilangan pada Anak di Taman Kanak-Kanak Kalegowa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Tindakan Pembelajaran dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd. dan Azizah Amal, SS, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam pembelajaran ini adalah bagaimanakah pengembangan kartu angka dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Kalegowa. Tujuan dari tindakan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui penerapan kartu angka dalam mengembangkan konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Kalegowa. Pengembangan ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pelengkap dalam menggambarkan kegiatan dalam tindakan ini. Dan teknik analisis ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil tindakan ini adalah dengan menggunakan kartu angka berdasarkan warna dan bentuk anak dapat menyebutkan urutan bilangan 1-10, anak dapat membilang dengan benda-benda, anak dapat menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan kartu angka. Dengan menghitung jumlah benda yang diambil anak dapat menyebutkan urutan angka 1-10, anak dapat membilang dengan benda-benda, dengan mencari kartu angka berdasarkan warna dan bentuk anak dapat menyebutkan urutan angka 1-10, anak dapat membilang dengan benda-benda, anak dapat menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan kartu angka.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:16
Last Modified: 17 Jan 2023 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26586

Actions (login required)

View Item View Item