PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA ANAK KELOMPOK B TK PAUD RAMA KOTA MAKASSAR

J U S M A W A T I (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA ANAK KELOMPOK B TK PAUD RAMA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 sampul.docx

Download (140kB)
[img] Text
2 Isi.doc

Download (368kB)
[img] Text
3 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN skripsi s1 ke 2.docx

Download (107kB)
[img] Text
4 Lampiran ibu jus.docx

Download (54kB)
[img] Text
5 FOTO HASIL SAYA.docx

Download (3MB)

Abstract

JUSMAWATI.2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran picture and picture pada Anak Kelompok B Tk Paud Rama Kota Makassar dan Skripsi ini dibimbing oleh Syamsuardi,S.Pd.,M.Pd dan Hajerah, S. Pd,I.M. Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan melalui model pembelajaran picture and picture pada anak kelompok B TK Paud Rama Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui model pembelajaran picture and picture pada anak kelompok B TK Paud Rama Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 anak kelompok B TK Paud Rama Kota Makassar, dengan rincian 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus 1 masih menunjukkan kategori cukup, Siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I kategori berkembang sesuai harapan dan siklus II meningkat menjadi kategori berkembang sangat baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya kemampuan membaca permulaan dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penelitian kemampuan membaca permulaan melalui model picture and picture pada anak kelompok B TK Paud Rama Kota Makassar dianggap berhasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jan 2023 06:22
Last Modified: 16 Jan 2023 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26564

Actions (login required)

View Item View Item