MENGEMBANGKAN KEGIATAN PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK DUA PUTRA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

ROSMINI (2023) MENGEMBANGKAN KEGIATAN PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK DUA PUTRA KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ROSMINI DC.docx

Download (252kB)

Abstract

ROSMINI, 2016. Mengembangkan Kegiatan Permainan Kartu Huruf Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Dua Putra Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pengembangan pembelajaran dibimbing oleh Dra. Hj.Sumartini,M.Pd, dan Hajerah,S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Dua Putra di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar . Di samping itu guru masih sering menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA), papan tulis dan spidol sebagai media pembelajaran membaca permulaan. Selanjutnya, masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah “Bagaimana mengembangkan kegiatan permainan kartu huruf bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Dua Putra Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar”. Tujuan pengembangan pembelajaran ini untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kegiatan permainan kartu huruf bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Dua Putra Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar . Subyek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah guru dan anak kelompok B sebanyak 12 orang yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan . penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah mengembangkan kegiatan bermain kartu huruf bergambar menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan . Anak mampu membaca dini dengan baik . Dengan demikian mengembangkan kegiatan bermain kartu huruf bergambar menjadi salah satu pilihan bagi pendidik anak usia dini untuk pengembangan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan atau membaca dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:20
Last Modified: 12 Jan 2023 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26559

Actions (login required)

View Item View Item