PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN HULAHOP UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ATHIRAH PERMATA INDONESIA MAKASSAR

R I S M A Y A N T I (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN BERMAIN HULAHOP UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ATHIRAH PERMATA INDONESIA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL SKRIPSI.doc

Download (58kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.doc

Download (64kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.doc

Download (51kB)
[img] Text
4. BAB I,II DAN III.doc

Download (155kB)
[img] Text
5. BAB IV DAN BAB V.doc

Download (394kB)
[img] Spreadsheet
6. IDENTIFIKASI AWAL KINESTETIK.xls

Download (65kB)
[img] Spreadsheet
9. LEMBAR INSTRUMEN PENGAMATAN.xls

Download (113kB)
[img] Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.doc

Download (315kB)

Abstract

RISMAYANTI, (2016). Pengembangan Kegiatan Bermain Hulahop Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Di Taman Kanak-Kanak Athirah Permata Indonesia Makassar. Di Bimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd selaku pembimbing I dan Hajerah, S.Pdi.,M.Pd selaku pembimbing II PG Paud Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pengembangan pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan bermain hulahop di Taman Kanak-Kanak Athirah Permata Indonesia Makassar. Masalah dalam pembelajaran ini adalah bagaimana meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan bermain hulahop. Subjek pembelajaran ini adalah anak didik pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Athirah Permata Indonesia. Instrumen pembelajaran menggunakan hulahop. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen observasi berupa lembar check list atas indikator-indikator perkembangan belajar anak. Data hasil observasi dianalisis secara analisis statistik deskriptif. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa konsep bermain ketika diterapkan sekaligus dalam pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Hal ini dapat di lihat dari sikap, pengetahuan dan keterampilan yang ditunjukkan anak didik ternyata mengalami perkembangan yang signifikan. Kunci keberhasilan pembelajaran adalah pemberian stimulus berupa media dan instrumen pembelajaran yang tepat dan pendampingan yang lebih mengutamakan gerak motorik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:40
Last Modified: 12 Jan 2023 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item