Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Balok Angka pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Sumarni (2023) Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Balok Angka pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

[img] Text
BURNING SUMARNI.doc

Download (631kB)

Abstract

Sumarni, 2015. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Balok Angka pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pengembangan Pembelajaran dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd. dan Azizah Amal, SS, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam pengembangan pembelajaran ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan bermain balok angka pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa? Dengan tujuan pengembangan pembelajaran untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan bermain balok angka di Taman Kanak-Kanak Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pengembangan pembelajaran ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi pengembangan pembelajaran ini di Taman Kanak-Kanak Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Subjek penelitian ini adalah kelompok B sebanyak 15 orang yang terdiri atas 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan serta 1 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan mengadakan pertemuan: 1. Pertemuan I hari Senin tanggal 7 Desember 2015 dengan tema/sub tema: Kebutuhanku / Makanan dan Minuman. 2. Pertemuan II hari Rabu tanggal 9 Desember 2015 dengan tema/sub tema: Kebutuhanku / Makanan dan Minuman. 3. Pertemuan III hari Jum’at tanggal 11 Desember 2015 dengan tema/sub tema: Kebutuhanku / Pakaian. 4. Pertemuan IV hari Senin tanggal 14 Desember 2015 dengan tema/sub tema: Kebutuhanku / Pakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak di Taman Kanak-Kanak Idhata Cambaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa melalui kegiatan bermain balok angka. Melalui kegiatan bermain balok angka, kemampuan mengenal konsep bilangan anak dapat dikembangkan dalam hal membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 20, menunjuk lambang bilangan 1-20 serta membuat urutan bilangan 1-20 dengan benda-benda.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:32
Last Modified: 12 Jan 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26551

Actions (login required)

View Item View Item