PENGGUNAAN PERMAINAN BOWLING UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBILANG PADA ANAK KELOMPOK ADI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI MAKASSAR

FALIHA MAHNUR (2023) PENGGUNAAN PERMAINAN BOWLING UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBILANG PADA ANAK KELOMPOK ADI TAMAN KANAK-KANAK HANDAYANI MAKASSAR.

[img] Text
FALIHA MAHNUR (1449046047) SKRIPSI 2016.docx

Download (764kB)

Abstract

Faliha Mahnur, 2016. Skripsi. Penggunaan Permainan Bowling Untuk Pengembangan Kemampuan Membilang Pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Handayani Makassar. Laporan pengembangan pembelajaran dibimbing oleh Herman, S. Pd, M. Pd dan Azizah Amal, S.S, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kemampuan membilang secara urut adalah perubahan positif kecakapan, ketangkasan, bakat, kesanggupan memahami sistem matematika yang abstrak dari urutan 1-10. Apabila kemampuan membilang secara urut 1-10 tersebut mengalami hambatan maka akan menghambat kemampuan dalam berhitung. Anak kelompok A adalah anak yang berusia 3-4 tahun yang harus diperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya. Anak yang mengalami kesulitan pada kemampuan membilang secara urut 1-10 menyebabkan anak tidak bisa memahami bilangan. Rumusan masalah dalam pengembangan pembelajaran ini “Bagaimanakah penggunaan permainan bowling untuk pengembangan kemampuan membilang pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Handayani Makassar?” Pengembangan ini dilakukan pada anak kelompok A di TK Handayani yang mengalami kesulitan dalam kemampuan membilang secara urut 1-10. Oleh karena itu dibutuhkan latihan yang lebih untuk meningkatkan kemampuan membilang secara urut dan latihan tersebut diberikan melalui permainan bowling. Fokus pengembangan pembelajaran ini adalah kemampuan membilang secara urut 1-10 dan dilaksanakan lima kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan membilang melalui bermain bowling adalah melalui observasi guru dan menggunakan lembar observasi anak. Analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah analisis refleksi berdasarkan setiap kali pertemuan. Dari pengembangan pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membilang secara urut 1-10 anak kelompok A TK Handayani yang ditunjukkan dalam Pertemuan I, II, III, IV, dan V. Kemampuan membilang secara urut 1-10 dari pertemuan I sampai pertemuan V pada anak kelompok A di TK Handayani telah meningkat disetiap pertemuan dan dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran membilang secara urut 1-10 melalui bermain bowling dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:26
Last Modified: 12 Jan 2023 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26549

Actions (login required)

View Item View Item