Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi, Minat dan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Luwu

Harnipa, Harnipa (2016) Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi, Minat dan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Luwu. S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
JURNAL HARNIPA.doc

Download (1MB)

Abstrak— Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh: 1) kinerja guru terhadap motivasi belajar fisika peserta didik; 2); kinerja guru terhadap minat belajar fisika; 3) kinerja guru terhadap hasil belajar fisika peserta didik; 4) motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika; 5) minat belajar terhadap hasil belajar fisika; 6) minat belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Luwu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Luwu dengan jumlah 1307 orang. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah peserta didik sebanyak 310 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan skor Ujian Akhir Semester (UAS) yang telah diuji coba empirik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial, analisis faktor dan verifikasi model struktural AMOS. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) kinerja guru secara signifikan pengaruhnya terhadap motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Luwu; 2) kinerja guru secara signifikan pengaruhnya terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Luwu; 3) kinerja guru tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Luwu; 4) motivasi belajar tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Luwu; 5) minat belajar tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Luwu; 6) minat belajar secara signifikan pengaruhnya terhadap motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Luwu. Kata kunci: Ex Post Facto, Kinerja Guru, Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2017 01:57
Last Modified: 04 Jul 2017 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item