Rusli, Rusli (2019) Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP. Issues in Mathematics Education, 3 (1).
Text
Vol 3, No 1 (2019) 10775-25309-1-SM.pdf Download (334kB) |
|
Text
#10775 Review.pdf Download (720kB) |
|
Text
Peer Review Example Non Example IMED.pdf Download (973kB) |
|
Text
Turnitin Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model kooperatif tipe Example Non Example dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, keterlaksanaan, dan respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Example Non Example lebih besar dari 75 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model kooperatif tipe Example Non Example, (4) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 88,97%, (5) rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 94,83%, (6) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Example Non Example sebesar 3,82 (terlaksana dengan sangat baik). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Example Non Example efektif digunakan pada siswa kelas VII disalah satu sekolah di Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Ansari Saleh Ahmar |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 06:19 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26508 |
Actions (login required)
View Item |