PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA 4 SMA NEGERI 2 TAKALAR

Rauf, Suherman (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA 4 SMA NEGERI 2 TAKALAR. S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (52kB)

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen pada peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri 2 Takalar. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri 2 Takalar dengan jumlah peserta didik 36 orang pada tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Pada tahap pelaksanaan siklus I dan siklus II dipergunakan lembar observasi dan tes kemampuan menulis teks cerpen untuk mengumpulkan data yang diperlukan dan sebagai tolok ukur kemampuan menulis teks cerpen peserta didik berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Pembelajaran Berbasis Projek kemampuan menulis teks cerpen peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri 2 Takalar pada tahap perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi meningkat. Guru mata pelajaran dinilai berhasil meningkatkan dan melakukan perencanaan pembelajaran yang memberi nilai lebih baik. Tahap tindakan, peserta didik mengalami perubahan sikap menjadi lebih baik. Tahap evaluasi, hasil tes kemampuan menulis teks cerpen dengan memperhatikan aspek isi, struktur teks, kosakata, kalimat, dan mekanik menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik belum mencapai tingkat ketuntasan yang telah ditentukan. Pada siklus II peserta didik sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Projek dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen pada peserta didik kelas XI MIA 4 SMA Negeri 2 Takalar setelah dilaksanakan dalam dua siklus. Kata kunci: model pembelajaran berbasis projek, kemampuan menulis, teks cerpen. Abstract *) This research is a class action (classroom action research) that aims to improve the ability to write text stories in class XI students MIA 4 SMAN 2 Takalar.Samples were students of class XI MIA 4 SMA 2 Takalar with the number of 36 students in the academic year 2014-2015. This study was conducted in two cycles, namely cycle I and cycle II. Each cycle consists of three meetings. At this stage of the implementation of the first cycle and second cycle used observation sheets and test the ability to write text stories to collect the necessary data and as a measure of the ability of learners to write text stories based on a minimum completeness criteria (KKM), namely 75. The results showed that through learning models Project-based text short story writing skills of students of class XI MIA 4 SMAN 2 Takalar at the stage of planning, action, observation and evaluation increased. Teachers of subjects considered successful improving learning and planning that gives better value. Phase actions, learners experience a change in attitude for the better. Evaluation phase, the results of tests the ability to write short stories by observing the text content, text structure, vocabulary, sentences, and mechanics show that in the first cycle students have not reached a predetermined level of completeness. In the second cycle students already achieve mastery in learning to write text stories. Based on the results of the study concluded that the Project Based Learning models may improve the ability to write text stories in class XI students MIA 4 SMAN 2 Takalar after conducted in two cycles. Keywords: model of project-based learning, the ability to write, text stories

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Jul 2017 01:42
Last Modified: 04 Jul 2017 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item