PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS III SEKOLAH DASAR DI SLB YPAC MAKASSAR

NAITHI APRILYANTI SUKLASRINI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS III SEKOLAH DASAR DI SLB YPAC MAKASSAR.

[img] Text
PJE Naithi Aprilyanti Suklasrini (1845042021).pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis permulaan pada murid cerebral palsy kelas III sekolah dasar di SLB YPAC Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui teknik latihan graphomotor pada murid cerebral palsy kelas III sekolah dasar di SLB YPAC Makassar”. Tujuan penelitian ini adalah (1) Kemampuan menulis permulaan murid cerebral palsy sebelum diberi intervensi (baseline 1/A1), (2) Kemampuan menulis permulaan pada murid cerebral palsy selama diberi intervensi (B), (3) Kemampuan menulis permulaan pada murid cerebral palsy setelah diberi intervensi (baseline 2 (A2), (4) Mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan setelah menggunakan teknik latihan graphomotor berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi (baseline 1/A1) saat diberi intervensi (B), dan setelah diberi intervensi (baseline 2/A2). Teknik pengumpulan dara yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid cerebral palsy kelas III sekolah dasar di SLB YPAC Makassar ARI. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: (1) sebelum diberi perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi intervensi (B), (3) setelah diberikan perlakuan ke kategori tinggi dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan menulis permulaan subjek ARI berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakukan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian kemampuan menulis permulaan murid setelah diberikan perlakuan dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: Kemampuan menulis permulaan, teknik latihan graphomotor, cerebral palsy

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:16
Last Modified: 09 Jan 2023 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26447

Actions (login required)

View Item View Item