PENGEMBANGAN CYBER ACADEMIC GUIDANCE CONSULTING (CAGC) BERBASIS WEBSITE MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

NURPADHILLAH JUNAID (2023) PENGEMBANGAN CYBER ACADEMIC GUIDANCE CONSULTING (CAGC) BERBASIS WEBSITE MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Jurnal_NURPADHILLAH JUNAID_1741041019.pdf

Download (232kB)

Abstract

Menghadapi transformasi digital dan cyber world yang saling bersinergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, tentunya proses konsultasi akademik juga dapat ditingkatan efisiensi dengan memanfaatkan teknologi informasi terutama internet. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana gambaran kebutuhan mahasiswa terhadap cyber academic guidance consulting (CAGC) berbasis website Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar ? Bagaimana desain produk cyber academic guidance consulting (CAGC) berbasis website Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar ? Bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan cyber academic guidance consulting (CAGC) berbasis website Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar?. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan S. Thiagarajan, dkk., model 4D diadaptasi terdiri dari tiga tahap yaitu: pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pada tahap pendefinisian telah dilakukan identifikasi kebutuhan, dimana penelitian ini dilakukan di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar dengan subjek penelitian tiga puluh mahasiswa Teknologi Pendidikan. Dan dari hasil identifikasi yang diperoleh, cukup banyak mahasiswa kerap mengalami masalah akademik dan melakukan konsultasi atau bimbingan yang belum terstruktur yang dapat menghambat proses program mata kuliah diperlukan media digital yang dapat berintegrasi dengan metode bimbingan secara langsung. Pada tahap desain, berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan dilakukan selanjutnya yaitu, pemilihan media, dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan website dalam proses konsultasi bimbingan akademik. Pemilihan format, dalam pengembangan perangkat website bertujuan untuk merumuskan rancangan media, pemilihan konten dan fitur, pendekatan, metode, dan sumber informasi. Dan rancangan awal adalah keseluruhan rancangan perangkat bimbingan akademik yang harus dikerjakan sebelum uji coba dillakukan. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan media pembelajaran. Website yang dihasilkan menunjukkan hasil yang valid berdasarkan dari hasil validasi ahli isi/materi pembelajaran serta hasil validasi ahli media dan desain bimbingan yang dilakukan. Menunjukkan hasil yang praktis pada proses kegiatan bimbingan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan hasil uji coba kelompok besar. Keywords:Cyber Academic Guidance Consulting, Website, Perguruan Tinggi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:06
Last Modified: 09 Jan 2023 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26446

Actions (login required)

View Item View Item