PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK DI KELOMPOK B PAUD TERPADU TERATAI UNM

RITA SUBIANTI (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK DI KELOMPOK B PAUD TERPADU TERATAI UNM.

[img] Text
sampul rita.docx

Download (32kB)
[img] Text
skripsi akhir rita (Autosaved).docx

Download (5MB)

Abstract

Rita subianti.2015. Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning Terhadap Kemampuan sains Anak di Kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM.Skripsi.Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalahbagaimana gambaran kemampuan sains anak PAUD Terpadu Tearatai UNM sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan penerapan metode Problem Based Learning danApakah ada pengaruh penerapan metode Problem Based Learning terhadap sains anak? Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui gambaran kemampuan sains anak PAUD Terpadu Teratai UNM sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan penerapan metode Problem Based Learning serta untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Problem Based Learning terhadap sains anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B di PAUD Terpadu Teratai UNM sedangkan Sampel penelitian ini berjumlah 15 anak, laki-laki sebanyak 6 orang dan perempuan sebanyak9orang dari kelompok B5 PAUD Terpadu Teratai UNM. Teknik Pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Nilai kemampuan anak sebelum diberikan perlakuan memiliki rata-rata sebesar 6,53 dan setelah diberikan perlakuan mendapatkan rata-rata sebesar 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai kemampuan sains anak sebelum dan setelah penerapan metode problem based learning diberikan. Hal ini merujuk pada nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 132,2 dan T tabel 25 maka diperoleh hasil T hitung (132,2) > nilai T tabel sebesar (25) maka H1diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh penerapan metode Problem Based Learning terhadap kemampuan sains anak, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 31,5 dan Z tabel 1,645 maka diperoleh hasil nilai Z (31,5) >nilai Z tabel (1,645) maka H1diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penerapan metode Problem Based Learningterhadap kemampuan sains anak. Hasil Uji menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pada kemampuan sains anak sebelum dan sesudah mendapatkan pembelajaran berdasarkan metode Problem Based Learning.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:19
Last Modified: 05 Jan 2023 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26405

Actions (login required)

View Item View Item