PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI MALLENRENG KECAMATAN BULUPODDO KABUPATEN SINJAI

HAFIDAH (2023) PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI MALLENRENG KECAMATAN BULUPODDO KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
A1 Sampul.doc

Download (33kB)
[img] Text
A2 Halaman Depan.doc

Download (126kB)
[img] Text
BAB I II III.doc

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV V.doc

Download (177kB)
[img] Text
Lampiran 1 kisi hafidah........doc

Download (53kB)
[img] Text
Lampiran 2 LEMBAR OBSERVASI PENAMPILAN GURU DI DALAM KELAS.doc

Download (188kB)
[img] Text
Lampiran 3 RENCANA KEGIATAN HARIAN.doc

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran 4 dokumentasi.doc

Download (2MB)

Abstract

HAFIDAH. 2015. Penerapan Bermain Puzzle dalam meningkatkan kecerdasan visual anak kelompok A di TK Pertiwi Mallenreng Kecamatan Bulupoddo Kab. Sinjai. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. dan Azizah Amal S.S, M.Pd. pada Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Bermain Puzzle dalam meningkatkan kecerdasan visual anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Pertiwi Mallenreng kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Bermain Puzzle dalam meningkatkan kecerdasan visual anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Pertiwi Mallenreng kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A di Taman Kanak-kanak Pertiwi Mallenreng kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang berada di Taman Kanak-kanak Pertiwi Mallenreng kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai Kelompok A dengan jumlah anak sebanyak 15 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6anak laki-laki. Fokus penelitin ini adalah kecerdasan visual dan permainan puzzle. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media puzzle maka dapat meningkatkan kecerdasan visual anak pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Pertiwi Mallenreng Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai dalam hal memasang benda sesuai pasangannya menurut fungsi dan menyebutkan dan menceritkan perbedan 2 buah benda.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:25
Last Modified: 05 Jan 2023 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26402

Actions (login required)

View Item View Item