PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA SALO DUA KABUPATEN ENREKANG

SINAR (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA SALO DUA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (9MB)

Abstract

SINAR, 2014, Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak PGRI Salo Dua Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing Arifin Manggau, S,Pd, M.Pd dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd; Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak PGRI Salo Dua Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah yang dikaji yaitu Bagaimana Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak PGRI Salo Dua Kabupaten Enrekang?. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak PGRI Salo Dua Kabupaten Enrekang. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dan fokus penelitian yaitu Media gambar seri dan Kemampuan Kognitif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di TK PGRI Salo Dua Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan subjek yang dikenai tindakan adalah anak didik kelompok B dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 dan 1 orang guru. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan deskriptif kualitatif yang disajikan dalam tabel pencapaian pada siklus I dan II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa kemampuan Kognitif anak pada kategori baik dialami oleh 6 anak, cukup 7 anak dan kategori yang dianggap masih kurang 2 orang anak, hal ini sebabkan anak kurang diberikan kesempatan mengemukakan pendapatnya dan media ukurannya terlalu kecil. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu ada 12 anak yang ada pada kategori baik dan 3 anak, hal ini disebabkan setiap anak diberikan kesempatan mengemukakan pendapatnya dan media gambar seri yang disajikan ukurannya lebih besar sehingga gambarnya Nampak jelas terlihat oleh anak. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak yang terdiri dari indikator mengungkapkan asal mula/ terjadinya sesuatu, mengungkapkan sebab akibat dan menyebut dan menunjukkan kejanggalan suatu gambar, sudah meningkat, hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan guru melalui penggunaan media gambar seri pada siklus II telah dilakukan pembenahan pada kekurangan yang terjadi pada siklus I.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:31
Last Modified: 04 Jan 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26388

Actions (login required)

View Item View Item