Analisis Kesiapan Kognitif Peserta Didik Kelas XII IPA SMA/MA Negeri di Kota Palopo dalam Menghadapi Ujian Nasional 2016 (Studi Pada Mata Pelajaran Kimia)

SANJAYA, IRMAN (2016) Analisis Kesiapan Kognitif Peserta Didik Kelas XII IPA SMA/MA Negeri di Kota Palopo dalam Menghadapi Ujian Nasional 2016 (Studi Pada Mata Pelajaran Kimia). S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
1. Artikel Tesis.docx

Download (61kB)

ABSTRAK . 2016. (Dibimbing oleh Mansyur dan Ramlawati). Ujian Nasional merupakan program pemerintah pusat melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang bertujuan untuk pemetaan program satuan pendidikan. Dalam mempersiapkan peserta didiknya kepala sekolah dan guru mata pelajaran melaksanakan progam “Bimbingan Sore”. Selain itu, pemerintah daerah melalui dinas pendidikan melaksanakan program “Tryout”. Dari hasil obervasi, diperoleh informasi bahwa hasil tryout hanya berupa nilai yang diperoleh peserta didik sehingga tidak dapat digunakan sebagai acuan pencapaian peserta didik tiap kompetensi atau materi yang di-UN-kan. Sehingga, peneliti menganggap penting untuk melakukan penelitian terkait kesiapan kognitif peserta didik dalam menghadapai UN khususnya mata pelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA dan MA Negeri yang ada di kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan kognitif dalam menghadapi Ujian Nasional 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA SMA/MA Negeri di kota Palopo. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling pada tiap SMA/MA Negeri di kota Palopo yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 6 dan MAN. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengukur kesiapan kognitif peserta didik. Tes kognitif disusun berdasarkan kisi-kisi UN mata pelajaran kimia tahun 2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif berupa data pesentase. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara keseluruhan kesiapan kognitif peserta didik kelas XII IPA SMA/MA Negeri di kota Palopo masih kurang dengan urutan persentase dari rendah ke tinggi adalah menganalisis (C4), mencipta (C6), mengevaluasi (C5), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), mengingat (C1). Persentase ketercapaian kompetensi jenis pengetahuan dari rendah ke tinggi adalah pengetahuan prosedural, pengetauan faktual dan pengetahuan konseptual. Ketercapaian kompetensi kognitif tiap materi pokok Ujian Nasional dari persentase rendah ke tinggi adalah Kimia Organik, Kimia Analisis, Kimia Dasar, Kimia Fisik, dan Kimia Anorganik. Secara keseluruhan rata-rata nilai Ujian Nasional lebih tinggi daripada rata-rata nilai Tryout dan beda secara statistik dengan nilai signifikasi 0,000 pada α = 5%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:07
Last Modified: 20 Jun 2017 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item