Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Mamasa

TUMBA, HANA THOMAS (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Mamasa. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
05 ABSTRAK2.docx

Download (82kB)

Abstract

ABSTRAK . 2015. . (Dibimbing oleh Sidin Ali & Nurhayati). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar Fisika berdasarkan Kurikulum 2013 pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mamasa yang terdiri atas instrumen dan rubrik pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen yang melibatkan subjek ujicoba sebanyak 166 orang peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Mamasa. Pengumpulan data pada proses validasi teoretiK dilakukan dengan teknik panel dan pada proses validasi empiriK dilakukan dengan teknik tes serta nontes. Teknik analisis data yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian berdasarkan analisis secara kualitatif (validitas dan reliabilitas) menunjukkan bahwa semua instrumen valid secara isi tidak ada butir gugur pada semua instrumen, hanya beberapa instrumen mengalamii revisi. Hasil validasi muka dan analisis butir secara kualitatif menunjukkan bahwa perangkat dapat digunakan sebagai perangkat penilaian hasil belajar fisika peserta didik kelas X. Pada tahap validasi empiris, 1 butir gugur pada penilaian diri aspek sikap spiritual dan 4 butir pada tes tertulis. Setelah validasi isi berdasarkan kisi-kisi, semua instrumen valid dan dinyatakan reliabel setelah uji reliabilitas. Selanjutnya, instrumen tersebut dianalisis secara kualitatif (daya pembeda, tingkat kesukaran dan pola jawaban) khususnya hasil instrumen tes hasil belajar. Daya pembeda berada pada kategori buruk 5 butir, dapat diterima dengan revisi 14 butir, dan dapat diterima tanpa revisi 11 buit; tingkat kesukaran berda pada kategori sedang 17 butir dan sulit 18 butir.; pola jawaban berda pada kategori kurang baik 2 butir dan pada kategori baik 28 butir. Instrumen penilaian hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mamasa final meliputi: (1) penilaian diri aspek sikap spiritual terdiri atas 19 butir; (2) lembar observasi aspek sikap sosial terdiri atas 12 butir; (3) tes tertulis terdiri atas 26 butir; (4) penilaian praktik atas 4 praktik/18 butir. Kata kunci: penilaian, Kurikulum 2013, validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan pola jawaban ABSTRACT HANA THOMAS TUMBA. 2016. The Development of Assessment Instruments of Physics Learning Outcomes Based on Curiculum 2013 of Tenth Grade Students at SMA Negeri 1 Mamasa. (under the supervision of Sidin Ali and Nurhayati) This research aimed at developing the instrument of student’s physics learning outcomes assessment based on curriculum 2013of grade X SMA Negeri 1 Mamasa that consisted of instrument and rubric the aspect of attitude, knowledge, and skill. This research is an instrument development which employed 166 students of grade X SMA Negeri 1 Mamasa. Data on theoretically validation process were collected through panel technique and on empirical validation process was conducted through and non-test technique. Technique of data analysis were by quantitative descriptive and inferential. The result shows that all the instrument are valid by content and there is no failed items on the scientific attitude only several instrument got revision. The results of initial validity and items analysis in qualitative shows that the instrument can bed used as a device of students’ physics learning outcomes assessment of grade X on the phase of empirical validation, 1 item was failed on the assessment of spiritual attitude aspect and 4 items on the writing test. After the content validation based on blue print, all the instrument is valid and reliable after the reliability test. The next, instrument was qualitative analysis (discrimination index, item difficult, and effect of option) especially outcomes test. Discrimination index are 5 items is bed category, can be received with a revised 14 items, and can be accepted without revision 11 items; item difficult are category 17 items and 18 items is hard; the pattern of responses arriving in the unfavorable category 2 items and 28 items in both categories. The instrument of Physical learning outcomes assessment of grade X SMA Negeri 1 Mamasa include: (1) self-assessment of spiritual attitude aspect consisted of 19 items; (2) observation sheet on the aspect social aspect consisted of 12 items; (3) writing consisted of 26 items; (4) practice assessment of 4 items/18 items. Key: assessment, curriculum 2013, validity, reliability, item difficult, discrimination index, and effect of option

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Jun 2017 02:04
Last Modified: 20 Jun 2017 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item